Posted by : Unknown Kamis, 05 Desember 2013

Di Bali terdapat berbagai macam makanan khas. Salah satunya adalah Babi Guling. Apa itu Babi Guling? Gimana sih penampakannya? Simak tulisan-tulisan dibawah ini gan!

Babi Guling (di Bali disebut be guling) adalah sejenis makanan yang terbuat dari anak babi betina atau jantan yang perutnya diisikan dengan bumbu dan sayuran seperti daun ketela pohon dan lalu dipanggang sambil diputar-putar (diguling-gulingkan) sampai matang dengan ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi kecoklatan dan renyah. Awalnya babi guling pada mulanya digunakan untuk sajian pada upacara baik upacara adat maupun upacara keagamaan, namun saat ini babi guling telah dijual sebagai hidangan baik di warung-warung, rumah makan, bahkan hotel-hotel tertentu di daerah Bali dan lainnya.



Kayak gini nih yang namanya Babi Guling :)

 
 
 
 

Lawar adalah masakan berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui yang berasal dari Bali. Makanan ini lazim disajikan dalam rumah tangga di Bali atau dijual secara luas di rumah-rumah makan dengan sebutan lawar Bali. Lawar dibuat dari daging yang dicincang, sayuran, sejumlah bumbu-bumbu dan kelapa. Kadang-kadang di beberapa jenis lawar diberikan unsur yang dapat menambah rasa dari lawar itu yaitu darah dari daging itu sendiri. Darah tersebut dicampurkan dengan bumbu-bumbu tertentu sehingga menambah lezat lawar tersebut. Lawar sendiri tidak dapat bertahan lama makanan ini jika didiamkan di udara terbuka hanya bertahan setengah hari.
Penamaannya bervariasi, biasanya berdasarkan jenis daging yang digunakan atau jenis sayurannya. Bila yang digunakan daging babi maka lawar yang dihasilkan disebut lawar babi., demikian juga bila yang digunakan sayur nangka, maka lawarnya diberi nama lawar nangka. Ada juga pemberian namanya berdasarkan warna lawarnya yaitu lawar merah bila warna lawarnya merah, lawar putih bila warna lawarnya putih dan ada lawar yang bernama lawar padamare, yaitu sejenis lawar yang dibuat dari campuran beberapa jenis lawar. Lawar disajikan sebagai teman nasi bersama jenis lauk-pauk lainnya.


{ 5 komentar... read them below or Comment }

  1. Hei Sudasana tunjukkan lagi gambar masakan khas Bali yang lebih menarik ok......antusias.......

    BalasHapus
  2. Sudas blognya bagus sekali, posting lebih banyak lagi ya

    BalasHapus
  3. Sudas blognya udah bagus, cuma perlu ditambah lagi potingannya yaa.. Ditunggu! :)

    BalasHapus
  4. Wow di tunggu tulisan yang lainnya Sudas.......

    BalasHapus

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

- Copyright © B A L I -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -